Training K3 Confined Space Rescue

Posted on Januari 28, 2021Januari 9, 2024Categories Rescue Confined SpaceTags , ,

Rescue Confined Space   TUJUAN : Setelah peserta mengikuti pelatihan, diharapkan mampu mengetahui, memahami dan melaksanakan: MATERI PELATIHAN: Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk pekerja di ruang terbatas/tertutup (Confined Space) Dasar-dasar keselamatan dan kesehatan di ruang terbatas/ruang tertutup (Confined Space) Work Permit ProcedureProsedur tanggap darurat dan komunikasi di ruang terbatasRencana & prosedur tanggap darurat di ruang terbatas/ruang tertutup (Confined Space) Tenik penyelamatan di ruang terbatasTeknik Penyelamatan di ruang terbatas MATERI PELATIHAN: Peraturan Perundang-undangan K3 di Ruang Terbatas (4 JP)Dasar-dasar K3 … Continue reading “Training K3 Confined Space Rescue”

Pembinaan dan Sertifikasi Confined Space Madya

Posted on Januari 11, 2021Februari 7, 2024Categories Confined Space Madya

PELATIHAN PETUGAS K3 MADYA RUANG TERBATAS (CONFINED SPACE) – SERTIFIKASI  PENDAHULUAN Program pelatihan kompetensi petugas K3 Madya di ruang terbatas (confined space)  merupakan program kerjasama dengan Depnakertrans RI untuk memenuhi ketentuan pemerintah no. KEP.113/DJPPK/IX/2006 tentang kompetensi, kurikulum dan persyaratan khusus Petugas Keselamatan & Kesehatan Kerja Madya Ruang Terbatas (Confined Space). Selain untuk memenuhi persyaratan salah satu program pemerintah, diharapkan peserta mampu bekerja secara aman di ruang terbatas / tertutup dan melaksanakan prosedur kerja sesuai dengan program memasuki ruang terbatas/tertutup dalam … Continue reading “Pembinaan dan Sertifikasi Confined Space Madya”

Pembinaan dan Sertifikasi Ahli K3 Kimia

Posted on Januari 4, 2021Februari 7, 2024Categories Ahli K3 KimiaTags , ,

Pembinaan dan Pelatihan Ahli K3 Kimia Sertifikasi LATAR BELAKANG TRAINING AHLI K3 KIMIAPelatihan ini peserta dilatih untuk menjadi calon Ahli K3 Kimia di tempatkerjanya seperti yang dimaksud UU No.1 tahun 1970 dan peraturan pelaksanaannya tentang pengendalian bahan kimia berbahaya di tempat kerja sesuai Keputusan Menaker No.KEP.187/MEN/1999 dengan waktu penyelenggaraan selama 120 jam pelajaran. TUJUAN1.Setelah mengikuti pelatihan Ahli K3 Kimia ini, peserta mampu mengetahui dan memahami: 2.Peraturan perundangan K3 Kimia dan Lingkungan3.Identifikasi, evaluasi dan pengendalian bahaya potensial dalam menyimpan,mengangkut dan menggunakan bahan kimia berbahaya4.Cara kerja yang … Continue reading “Pembinaan dan Sertifikasi Ahli K3 Kimia”

Pembinaan & Sertifikasi Operator Crane

Posted on Januari 4, 2021Januari 9, 2024Categories Operator Crane kelas3Tags , , , ,

Pembinaan dan Pelatihan Operator Crane Sertifikasi LATAR BELAKANG Dalam peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No. Per.01/MEN/1989 telah ditetapkan kualifikasi dan syarat-syarat operator Crane. Setiap operator Crane harus memiliki sertifikat yang diperoleh melalui pelatihan. Operator yang memiliki sertifikat memegang peranan penting dalam mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja dalam mengoperasikan Crane, karena operator mengetahui dan memahami prosedur pengoperasian yang aman.Karena itu pencegahan kecelakaan kerja dapat dilakukan melalui berbagai pendekatan, salah satu pendekatan yang sering digunakan adalahmelalui pendidikan dan pelatihan. Melalui pendidikan dan pelatihan … Continue reading “Pembinaan & Sertifikasi Operator Crane”

Pembinaan Ahli Muda K3 Konstruksi – KEMNAKER

Posted on Januari 4, 2021Februari 7, 2024Categories Ahli Muda K3 KonstruksiTags , , , , , ,

Untuk ini perlu adanya upaya lebih intensif untuk menanggulangi kecelakaan kerja di bidang jasa konstruksi. Telah ditetapkan oleh Peraturan tersebut bahwa setiap Proyek Konstruksi Bangunan yang : Memperkerjakan tenaga kerja lebih dari 100 orang atau menyelenggarakan proyek labih dari 6 bulan adalah wajib memiliki minimal 1 (satu ) orang Ahli Utama K3-Konstruksi, 1 ( satu ) orang Ahli Madya K3 Konstruksi dan 2 (dua ) orang Ahli Muda K3 Konstruksi. Memperkerjakan tenaga kerja kurang dari 100 orang ataumenyelenggarakan proyek kurang … Continue reading “Pembinaan Ahli Muda K3 Konstruksi – KEMNAKER”

Training K3 supervisi perancah sertifikasi Kemnaker

Posted on Januari 4, 2021Januari 16, 2023Categories Supervisi K3 PerancahTags , ,

45 JP Pembinaan dan Pelatihan K3 supervisi perancah sertifikasi kemnaker   PENDAHULUAN Mengetahui dan melaksanakan peraturan keselamatan kerja yang berlaku pada saat menangani scaffolding merupakan suatu keahlian yang harus dimiliki oleh seorang Scaffolder. Peningkatan keahlian dari Scaffolder tersebut haruslah selalu di update dengan cara mengikuti pelatihan yang sesuai. Melalui pendidikan dan pelatihan, dapat ditingkatkan pengetahuan dan keterampilan, tanggung jawab dan disiplin, pemahaman danpengertian tentang persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja. Pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja … Continue reading “Training K3 supervisi perancah sertifikasi Kemnaker”

Pembinaan dan Sertifikasi Ahli K3 Teknisi Listrik

Posted on Januari 4, 2021November 2, 2023Categories Tehnisi K3 ListrikTags , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pembinaan dan Pelatihan Teknisi K3 Listrik Sertifikasi Daftarkan Rekenan anda/Karyawan Anda dikotamu seluruh indonesia 021-223207-48 ( Office)   KOMPETENSI UMUM Dapat melakukan pekerjaan pemasangan,pengoperasian dan pemeliharaan instalasi listrik secara benar dan aman bagi dirinya,orang lain,peralatan dan aman dalam pengoperasiannya. AKADEMIK Memahami secara baik tentang: a. Potensi baaya listrikb. Cara Pencegahan bahaya listrikc. Prosedur Kerja Selamatd. Membaca Gambare. Memriksa dan menguji instalasi listrikf. Dasar-dasar teknik kelistrikang. Peraturan dan Standart kelistrikan KETERAMPILAN TEKNIK Dapat melakukan pekerjaan dengan benar antara lain:melaksanakan pekerjaan pemasangan … Continue reading “Pembinaan dan Sertifikasi Ahli K3 Teknisi Listrik”

Pembinaan, Pelatihan & Sertifikasi Juru Las (Welder)

Posted on Januari 4, 2021Juni 12, 2024Categories Sertifikasi Juru LasTags , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pembinaan dan Sertifikasi Juru Las (Welder) Kemnaker DESKRIPSI I. PEMBEKALAN TRAININGPembekalan dilaksanakan selama 6 hari dengan materi sebagai berikut: Materi Pelatihan: Pengenalan Teknologi Pengelasan ( Welding Technology Introduction )– Pengelasan Fillet dan Pengelasan Groove– Jenis – Jenis Sambungan dasar ( Basic Type of joint )– Persiapan Sambungan Las– Posisi Pengelasan ( Welding Position )– Klasifikasi Proses Pengelasan Logam– Parameter Pengelasan dan dasar teknology pengelasan– Code pengelasan yang berkaitan dengan Standard American Welding Society ( AWS ) related to ASME Section … Continue reading “Pembinaan, Pelatihan & Sertifikasi Juru Las (Welder)”

Pelatihan dan Sertifikasi TKPK 1

Posted on Januari 4, 2021Juli 3, 2024Categories TKPK1Tags , , , ,

Sertifikasi Pembinaan dan Pelatihan Tenaga Kerja Pada Ketinggian tingkat 1 ( satu)/ TKPK1 KELOMPOK DASAR Peraturan Perundang – undangan k3 dalam pekerjaanpada ketinggian KELOMPOK INTIIdentifikasiBahaya Dalam Kegiatan Akses TaliPengetahuan Kondisi Ketidaktahanan tergantung(suspension intolerance) dan penanggananyaPenerapan Prinsip-prinsip factor jatuh ( Fall Factor) dalam akses taliPemilihan,Pemeriksaan dan Pemakaian peralatan akses tali yang sesuaiSimpul dan agkur dasaTehnik Manuver Pengerakan Pada TaliTehnik Pemanjatan pada Struktur Baca Juga : Sertifikasi Ahli K3 Umum KELOMPOK PENUNJANGTeknik Penyelamatan Diri Sendiri dan korban menuju arah turun dengan alat … Continue reading “Pelatihan dan Sertifikasi TKPK 1”

PEMBINAAN DAN SERTIFIKASI OPERATOR GONDOLA

Posted on Januari 4, 2021Februari 7, 2024Categories Operator GondolaTags , , ,

SERTIFIKASI OPERATOR GONDOLA TUJUAN TRAINING OPERATOR GONDOLA Mempersiapkan dan menghasilkan Operator Gondola yang kompetenOperator Gondola yang dapat melakukan pengoperasian, perawatan danmampu mengurangi resiko terjadinya kecelakaan pesawat uap dan bejana tekan.Mempersiapkan tenaga pelaksana yang mampu melaksanakan prosedur pengoperasiandengan mempertimbangkan prosedur K3 Gondola di tempat kerjanya. Memberikan sertifikasi kompetensi. MATERI PELATIHANMateri Pelatihan Operator GondolaA. Kelompok DasarKebijakan keselamatan & Kesehatan KerjaPeraturan Perundangan Pesawat UapDasar-dasar K3 dan P3K B. Kelompok IntiPengetahuan dasar GondolaPengetahuan dasar motor listrikPerangkat keselamatan kerja (safety devices)Tali kawat baja dan alat bantu angkatSebab … Continue reading “PEMBINAAN DAN SERTIFIKASI OPERATOR GONDOLA”